Resep Ayam Kecap: Cara Membuat Ayam Kecap Enak

Resep Ayam Kecap: Cara Membuat Ayam Kecap Pedas – Tumis ayam dengan kecap asin adalah hidangan lezat untuk disiapkan.

Yuk, menu masakan ayam spesial ini bisa kamu sajikan di rumah dengan cara yang simpel dan lugas ini.

Tentunya dengan menyiapkan masakan ini sendiri, bunda akan bisa menambah koleksi resep masakannya, khususnya berbagai resep masakan ayam yang bisa ia buat sendiri di rumah.

Tertarik untuk melihat seperti apa resep dan cara membuat ayam kecap goreng? Baca terus! Yuk, simak resepnya di bawah ini.

Ingin memasak ayam olahan tapi tidak mau repot melakukannya? Karena itu, menu ayam kecap jadi jawabannya.

Rasa kecap asin dan manis ini terdapat pada masakan yang mudah disiapkan. Meskipun proses memasaknya mudah, rasa ayam kecap ini sama sekali tidak sederhana, seperti yang sudah Anda duga.

Rasa gurih daging ayam berpadu dengan rasa kecap asin yang autentik bisa didapatkan hanya dalam satu gigitan hidangan ini. Sangat cocok untuk anda yang menyukai makanan yang rasanya manis..

Cukup dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda sudah bisa menyajikan ayam kecap untuk tamu Anda, yang kenikmatannya akan membuat Anda ketagihan dan ingin memasaknya lagi dan lagi.


Resep Ayam Kecap: Cara Membuat Ayam Kecap Enak

Resep Ayam Kecap Cara Membuat Ayam Kecap Enak

Resep Ayam Kecap: Cara Membuat Ayam Kecap

475Ee4Fcdb138F33Ffeac92223393Ecb?S=30&D=Https%3A%2F%2Fharoldschickenonline.com%2Fwp Content%2Fuploads%2F2021%2F07%2Fcropped Favicon Resep Ayam Kecap: Cara Membuat Ayam Kecap EnakChef Harold
Resep Ayam Kecap: Cara Membuat Ayam Kecap Enak – Tumis ayam dengan kecap asin adalah hidangan lezat untuk disiapkan.
Yuk, menu masakan ayam spesial ini bisa kamu sajikan di rumah dengan cara yang simpel dan lugas ini.
Tentunya dengan menyiapkan masakan ini sendiri, bunda akan bisa menambah koleksi resep masakannya, khususnya berbagai resep masakan ayam yang bisa ia buat sendiri di rumah.
5 dari 1 vote
Prep Time 50 mins
Cook Time 30 mins
Course Main Course
Cuisine Indonesian
Servings 2 Porsi
Calories 371 kcal

Equipment

  • Wajan
  • Kompor
  • Pisau

Ingredients
  

  • 800 g daging ayam segar potong 8 bagian, lumuri dengan air jeruk nipis, goreng setengah matang
  • 3 siung  bawang putih
  • 1 buah tomat , potong bentuk wedges
  • 1 sdt  garam
  • 2 sdm  margarin
  • ½ sdt  Kaldu Ayam
  • ½ sdt  merica putih bubuk
  • 1 buah buah bawang bombay potong dadu
  • 2 buah cabai merah buang bijinya, iris tipis
  • 2 sdm Kecap Manis
  • 150 ml  air

Instructions
 

  • Biarkan ayam Anda mencapai suhu kamar selama satu jam sebelum Anda berniat untuk memasaknya. Anda harus membiarkannya pada suhu kamar sebelum memindahkannya ke panci. Bersihkan bagian dalam dan luar ayam, buang jeroan ayamnya dan bilas sampai bersih.
  • Isi panci stok Anda dengan air. Wadah yang ideal adalah panci yang tinggi dan sempit, sehingga pas untuk ayam, karena panci harus benar-benar terendam dalam cairan masak (jika Anda menggunakan panci yang lebih besar, Anda perlu menambahkan semua bahan secara proporsional untuk mendapatkan lebih banyak cairan masak). Biarkan wajan panas di atas api sedang-rendah lalu tambahkan minyak dan jahe.
  • Biarkan jahe menjadi karamel selama sekitar 30 detik lalu sisihkan. Setelah itu, tambahkan daun bawang dan masak selama 30 detik lagi. Kemudian, untuk melepaskan sebagian alkohol, tambahkan adas bintang dan anggur beras (atau campuran keduanya). Biarkan campuran mendidih, dan terus masak sampai alkohol berkurang. Campurkan kecap asin, kecap asin, gula, garam, dan air dalam panci. Biarkan campuran kembali mendidih dan masak dengan api kecil selama 20 menit.
  • Tingkatkan panas untuk membawa cairan ke mendidih lambat (yaitu sedikit lebih kuat dari mendidih, tapi tidak mendidih). Gunakan garpu panggang besar yang dimasukkan ke dalam rongga ayam untuk menurunkan ayam perlahan ke dalam panci dengan sisi dada menghadap ke atas. Pastikan setiap kantong udara di rongga terisi penuh dengan cairan. Ayam harus terendam seluruhnya pada saat ini.
  • Setelah ayam ditambahkan, cairan rebusan akan turun suhunya. Lanjutkan memasak makanan dengan api sedang-tinggi selama sekitar 5 menit. Setelah itu, gunakan garpu besar Anda untuk mengangkat ayam dengan hati-hati dari air dan mengeluarkan cairan dari dalam rongga, yang akan lebih dingin daripada cairan di sekitarnya. Setelah saya menurunkan ayam kembali ke dalam panci, saya memastikan tidak ada kantong udara di rongga lagi. Jika ayam belum sepenuhnya terendam, Anda harus sesekali mengolesi area yang terkena cairan rebusan.
  • Kembalikan cairan ke dalam api kecil, yang akan memakan waktu sekitar sepuluh menit. Biarkan cairan berkurang sekitar setengah volumenya selama 25 menit dengan api kecil (dan suhunya akan sekitar 210 derajat F). Setelah 15 menit, matikan api, tutup panci, dan biarkan ayam duduk di panci selama 15 menit lagi. Biarkan ayam beristirahat di talenan sebelum Anda melanjutkan. Atau, Anda dapat menggunakan termometer daging di bagian paha yang paling tebal untuk memverifikasi bahwa suhu internal telah mencapai 165 derajat F.
  • Gunakan saus dari panci sebagai olesan ayam saat dingin, dan kulitnya akan tetap lembab sebagai hasilnya. Taruh sedikit saus dari panci di atas nasi dan sajikan.

Video

Notes

Selain itu, Anda dapat menggunakan kaki ayam sebagai pengganti kaki ayam utuh dan mengurangi waktu memasak untuk membuat resep ini. Karena potongan yang lebih kecil ini dimasak lebih cepat daripada bagian kaki ayam, waktu memasaknya harus sama baik Anda menggunakannya atau bagian kaki ayam. Selain itu, setelah Anda memasak ayam, Anda dapat membekukan saus atau cairan masakan, yang kemudian dapat Anda gunakan di lain waktu (meskipun Anda mungkin harus membumbui kembali sausnya).
Keyword Ayam Kecap, Resep Ayam Kecap

Satu pemikiran pada “Resep Ayam Kecap: Cara Membuat Ayam Kecap Enak”

  1. 5 stars
    Resep ayam kecap yang satu ini bisa diikuti oleh siapa saja dengan baik tanpa kendala apapun. Cocok untuk hidangan rumahan saat bersantap ria dengan keluarga.

Komentar ditutup.